APA ITU GURU ? PENGERTIAN GURU MENURUT BEBERAPA AHLI TERLENGKAP.

APA ITU GURU ?


Selamat datang di blog ini teman. Oke, pada postingan pertama ini penulis ingin membahas tentang apa itu Guru. Mungkin, teman sekalian sudah mengetahui apa itu guru dan barangkali diantara teman sekalian ada yang berprofesi sebagai guru. Tapi, tidak ada salahnya kalau penulis membahas tentang apa itu guru dan bagaimana itu guru.
Apa teman sekalian sudah mengetahui apa dan bagaimana itu seorang guru ?
Bagi yang sudah melewati jenjang pendidikan ataupun yang sedang berada pada jenjang pendidikan, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Guru. Mulai dari TK, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA dan sederajat, Pesantren sampai di tingkat Universitas hampir setiap hari bertemu dengan yang namanya Guru.
Guru itu, bukan hanya terdapat di dalam lingkungan pendidikan saja. Akan tetapi, guru itu hampir selalu ada dan tidak pernah terlepas dalam setiap bagian kehidupan ini. Contoh kecilnya saja seperti : guru mengaji, guru memasak, guru menjahit, guru karate dan lain sebagainya.
Kata Guru diambil dari bahasa sanskerta yaitu गुरू yang berarti guru dan secara harfiah artinya adalah berat, besar, penting, baik sekali, terhormat dan juga berarti pengajar.
Di dalam bahasa Arab, guru disebut mu’allim, murabbi dan mu’addib. Guru menurut bahasa Inggris disebut teacher yang berarti guru/pengajar, educator berarti pendidik/ahli mendidik dan tutor berarti guru pribadi/guru les.
Bagaimana dengan penjelasan singkat di atas, apa teman sudah mengerti definisi dari guru ?
Untuk lebih jelasnya pengertian guru akan di bahas oleh beberapa ahlinya yaitu :

1.    Ahmadi
Guru (pendidik) berperan sebagai pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Menyediakan keadaan-keadaan yang memungkinkan peserta didik merasa nyaman dan yakin bahwa kecakapan dan prestasi yang dicapai akan mendapat penghargaan dan perhatian sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didiknya.


2.    Dr. Ahmad Tafsir
Guru (pendidik) ialah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik baik dari segi potensi kognitif, afektif, maupun potensi psikomotorik. Tugas guru dalam pandangan islam ialah mendidik. Mendidik merupakan tugas yang amat luas. Sebagian dilakukan dengan cara mengajar, sebagian ada yang dilakukan dengan memberikan dorongan, memberi contoh (suri tauladan), menghukum, dan lain-lain.


3.    Dri Atmaka
Guru merupakan orang dewasa yang bertanggung jawab dalam memberikan pertolongan dalam perkembangan anak didik, baik jasmani maupun rohaninya. Agar dapat mencapai tingkat kedewasaannya yakni mampu berdiri sendiri dalam memenuhi tugasnya sebagai mahluk Tuhan, mahluk sosial dan mahluk individu yang mandiri.


4.    Drs. Moh. Uzer Usman
Guru ialah setiap orang yang memiliki tugas dan wewenang dalam dunia pendidikan dan pengajaran pada lembaga pendidikan formal.


5.    E. Mulyasa
Guru (pendidik) haruslah memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.


6.    Earl V. Pullias and James D. Young
”The teacher teaches in the centuries-old sense of teaching. He helps the developing student to learn things he does not know and to understand what he learns”. Artinya: Dalam berabad-abad guru mengajarkan rasa pengajaran, ia membantu mengembangkan siswa untuk belajar sesuatu yang tidak diketahui dan untuk memahami apa yang dipelajari).


7.    Hadari Nawawi
Guru adalah orang yang mengajar atau memberikan pelajaran di sekolah (kelas). Secara lebih khusus lagi, ia mengatakan bahwa guru berarti orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak mencapai kedewasaan masing-masing. Artinya, guru tidak hanya memberi materi di depan kelas, tetapi juga harus aktif dan berjiwa kreatif dalam mengarahkan perkembangan murid.


8.    Husnul Khotimah
Guru merupakan orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik (muridnya).


9.    Kamus Besar Bahasa Indonesia
Guru adalah orang yang pekerjaannya, mata pencahariannya, dan profesinya mengajar.


10. Ngalim Purwanto
Guru adalah orang yang pernah memberikan suatu ilmu atau kepandaian kepada seseorang maupun kepada sekelompok orang.


11. Noor Jamaluddin
Guru ialah pendidik, yakni orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar dapat mencapai kedewasaannya, yaitu mampu berdiri sendiri dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khilafah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan makhluk individu yang mampu berdiri sendiri.


12. Purwanto
Guru ialah orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di dalam lingkungan sekolah.


13. Surya
Guru sebagai pendidik professional selayaknya mempunyai citra yang baik di masyarakat, karena guru itu ditiru dan di contoh.


14. UU no.14 Tahun 2005 tentang Guru
Guru ialah seorang pendidik profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


15. Zakiyah Darajat
Guru merupakan pendidik professional karena guru telah menerima dan memikul beban dari orang tua untuk ikut mendidik anak-anak. Dalamm hal ini, orang tua harus tetap sebagai pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya. Sedangkan guru ialah tenaga professional yang membantu orang tua untuk mendidik anak-anak pada jenjang pendidikan sekolah.

Sedangkan menurut penulis sendiri (Chandra Wagis Saputra), guru dapat diartikan sebagai orang yang mengajarkan suatu ilmu, pengetahuan dan keterampilan kepada yang diajarkannya (murid).

Demikian pengertian guru menurut pendapat beberapa ahli yang telah penulis paparkan dia atas. Penulis berharap, semoga apa yang telah dipaparkan pada ulasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan saudara semua khususnya bagi para pembaca.
Sekian dan terima kasih telah berkunjung. J J J

Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Komentar

  1. Terima kasih atas materinya. Lengkap banget. :)
    Mudah-mudahan blognya bisa lebih lengkap lagi dengan materi-materi seputar pendidikan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROFIL PENULIS BLOG